Matangkan Kerjasama Ekonomi, Parlemen Romania akan Pertemukan KADIN Bali dengan Pengusaha Romania

Admin - atnews

2024-06-21
Bagikan :
Dokumentasi dari - Matangkan Kerjasama Ekonomi, Parlemen Romania akan Pertemukan KADIN Bali dengan Pengusaha Romania

Denpasar (Atnews) -  Ketua Umum (Ketum) Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Bali Made Ariandi menerima kunjungan Rombongan Parlemen Romania di Denpasar, Jumat (21/6).

Rombongan itu dipimpin Chair of the Friendship Group Stefan Musoiu yang member of the Chamber of Deputies of the Parliament of Romania.

Stefan Musoiu didampingi Christine Thellmann, member of the Chamber of Deputies of the Parliament of Romania, member of the Friendship Group, Ben-Oni Ardelean, member of the Chamber of Deputies of the Parliament of Romania, member of the Commission for Foreign Policy, Dan Adrian Balanescu, Ambassador of Romania to Indonesia serta Honorary consul for Romania in Bali Yoga Iswara.

Kedatangan rombongan ke KADIN Bali untuk membicarakan kerjasama yang lebih matang pada sektor ekonomi.

Ketum Ariandi mengatakan, kedatangan rombongan Romania sudah kedua kalinya. Sekitar dua bulan lalu, mereka dipimpin oleh Duta Besar Romania untuk Indonesia Dan Adrian Balanescu.

Untuk itu, pihaknya menyambut baik kedatangan rombongan Parlemen Romania yang berjanji akan mempertemukan dengan kamar dagang pengusaha-pengusaha Romania.

Hal itu sebagai bentuk kongkrit kerjasama KADIN Bali dengan Romania. Sekaligus implementasi dari Undang - Undang (UU) Nomor 17 Tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri dan diperkuat dalam Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2010 tentang Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) KADIN.

Dengan mengusung Motto “Tabah,Jujur, Setia” dapat diterapkan oleh semua anggota KADIN dalam menghadapi setiap gelombang dan tantangan dunia usaha. 

Maka dari itu, diharapkan pemerintah selalu melibatkan KADIN dalam pembangunan ekonomi. "KADIN sebagai induk organisasi usaha," ujar Ariandi.

Dalam meningkatkan kerjasama Romania, diharapkan ada penerbangan langsung ke Bali, dimulai dari penerbangan charter.

Selama ini, penerbangan Romania melalui Doha Qatar atau Turki. Wisatawan Romania sudah semakin membaik, dalam dua bulan sudah mencapai 1500-2000 orang. Untuk itu, penerbangan langsung bisa meningkatkan kunjungan ke Bali mencapai 3000-4000 orang per bulan.

Minat Romania semakin meningkat, ketika mereka mengetahui adanya peluang penerimaan WNA tinggal di Bali. 

Dengan demikian, kerjasama Bali dengan Romania mampu mewujudkan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan.

Ditekankan pula, adanya tren WNA tinggal permenen di Bali. Ketum KADIN Bali mengharapkan adanya regulasi untuk sewa tanah tempat tinggal bagi WNA di Indonesia.

Upaya itu mencegah tanah Bali diserobot atau dijual oknum tidak bertanggungjawab, kecuali PMA. Maka diperlukan regulasi yang jelas bagi WNA, dengan sistem sewa tempat tinggal mereka sudah bisa tinggal selama 25-30 tahun di Bali.


Sementara itu, Chair of the Friendship Group Stefan Musoiu yang member of the Chamber of Deputies of the Parliament of Romania mengharapkan adanya kerjasama ekonomi Bali dengan Romania.

Oleh karena, Bali sebagai destinasi pariwisata internasional, wisatawan Romania berdatangan ke Pulau Dewata.

Sebelumnya, pihaknya sudah bertemu dengan Penjabat (Pj) Gubernur Bali S. M. Mahendra Jaya di Jaya Sabha, Denpasar.

"Suatu kehormatan yang luar biasa kami bisa datang ke Bali. Saya sendiri sudah ke Bali tahun lalu. Keindahan alam, keramahan masyarakatnya membuat saya kagum. Bali merupakan salah satu destinasi wisata tujuan masyarakat Romania. Saya sangat senang bisa berada di Bali," jelas Stefan.

Selain itu, Stefan juga menyampaikan terimakasih atas kerjasama yang telah terjalin selama ini antara Romania dan Indonesia khususnya Bali. Ia berharap ke depan kerjasama bisa terus ditingkatkan tidak hanya pada sektor pariwisata namun juga di berbagai sektornya.

"Terimakasih atas kerjasama yang terjalin dengan baik selama ini. Tentu ke depan kita ingin kerjasama ini bisa terus terjalin dan bisa ditingkatkan. Tidak hanya pada sektor pariwisata namun juga pendidikan, kesehatan serta lainnya. Dari perspektif ekonomi, sudah beberapa kali dibahas antara Rumania dan Indonesia. Potensi untuk ruang kerjasama kedua negara sangat kuat. Kita berharap bisa sering diskusi untuk kerjasama kedepan di segala bidangnya," imbuhnya.

Pada kesempatan ini, Mahendra Jaya menyambut baik kedatangan parlemen Rumania di Bali. Ia berharap alam, manusia dan kebudayaan Bali mampu memberikan vibrasi positif. Tak ketinggalan, Mahendra Jaya juga berharap agar Stefan Musoiu beserta rombongan bisa berkunjung ke Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Tahun 2024.

"Selamat datang di Bali. Semoga Bali bisa memberikan vibrasi yang positif. Saya sangat senang dan terhormat karena sudah datang ke Bali. Saat ini bertepatan juga sedang dilaksanakan Pesta Kesenian Bali. Saya berharap bapak/ibu bisa meluangkan waktu untuk berkunjung ke Pesta Kesenian Bali," ujarnya.

Seperti diketahui, Pesta Kesenian Bali (PKB) adalah parade atau festival kesenian tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Bali sebagai wadah aktivitas dan kreativitas para seniman dalam upaya penggalian, pelestarian dan pengembangan nilai-nilai seni budaya Bali yang dilaksanakan selama 1 (satu) bulan penuh.

Lebih lanjut, Mahendra Jaya mengungkapkan bahwa perekonomian Bali saat ini masih bergantung pada sektor pariwisata. Kekuatan pariwisata Bali dikatakan Mahendra Jaya karena kehidupan masyarakat Bali yang menyatu dengan adat istiadatnya. Pemerataan ekonomi dan pariwisata di Bali saat ini juga menjadi perhatian khusus Pemerintah Provinsi Bali.

"Pemerataan ekonomi dan pembangunan di sektor pariwisata menjadi perhatian lebih Kami. Selama ini menumpuk di Bali Selatan. Bali masih memiliki banyak tempat lain yang sangat bagus selain di Bali Selatan. Kami juga konsern dengan penyediaan transportasi publik yang baik untuk mengurai kemacetan yang terjadi selama ini di Bali Selatan," ungkapnya.

Mahendra Jaya juga mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang telah terjalin baik selama ini dengan Rumania.

"Kami bersyukur atas kerjasama yang baik dengan Rumania selama ini. Kami akan terus belajar dengan Rumania baik di bidang transportasi, pendidikan maupun sektor yang lainnya," terangnya sembari menambahkan semoga mendapatkan memori yang indah selama di Bali dan berharap rombongan parlemen Rumania bisa datang kembali ke Bali. (GAB/ART/001)

Baca Artikel Menarik Lainnya : Kekeringan di Bali, Ada Apa ?

Terpopuler

Mahābhārata dan Ramayana sebagai Spiritualitas Pembebasan

Mahābhārata dan Ramayana sebagai Spiritualitas Pembebasan

Pardana Menteri Bharat Narendra Modi tiba di Indonesia

Pardana Menteri Bharat Narendra Modi tiba di Indonesia

ADVERTISING JAGIR
Official Youtube Channel

#Atnews #Jagir #SegerDumunTunas

ADVERTISING JAGIR Official Youtube Channel #Atnews #Jagir #SegerDumunTunas

Mendagri Tito Lantik Sang Made Mahendra Jaya sebagai Penjabat Gubernur Bali

Mendagri Tito Lantik Sang Made Mahendra Jaya sebagai Penjabat Gubernur Bali

Presiden Jokowi di Hadapan Warga Bali: Sambut Pesta Demokrasi dengan Cara Beradab

Presiden Jokowi di Hadapan Warga Bali: Sambut Pesta Demokrasi dengan Cara Beradab

Gubernur Ingatkan Generasi Milenial Untuk Berkendara dengan Aman

Gubernur Ingatkan Generasi Milenial Untuk Berkendara dengan Aman