2020-07-25 04:56:40

Tak Puas Wisuda Virtual

Pendidikan Oleh: Artaya

Buleleng (Atnews) - Baru-baru ini Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja menyelenggarakan wisuda dengan melepas 153 wisudawan, enam di antaranya lulusan program Pascasarjana Pendidikan Agama Hindu. Dalam suasana Pandemi Covid-19, wisuda diselenggarakan secara virtual.
Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja,  Prof. Dr. Drs. I Made Suweta, M.Si. menjawab pertanyaan Atnews, Jumat 24/7, menyatakan bahwa wisuda yang kedua sejak berdiri 22 Maret 2016, dilaksanakan secara virtual maksudnya berbeda dengan wisuda yang konvensional. 
Wisuda virtual yang hadir dalam ruangan dibatasi hanya 25 orang, sementara wisudawan yang lain mengikutinya dari rumahnya masing-masing.
Menurutnya, banyak sekali wisudawan mengusulkan agar bisa terselenggara secara konvensional agar mereka dapat bertemu langsung teman-temannya dan civitas akademika lainnya. 
Namun, lanjut mantan dosen IHDN Denpasar itu, disebabkan oleh aturan yang tidak memungkinkan ya terpaksa wisudawan mengikutinya dari jarak jauh.
Ditanya soal biaya yang dikeluarkan mahasiswa dalam wisuda virtual tersebut, Prof. Suweta menjawab singkat "ya ... jelas lebih rendah daripada wisuda konvensional," tanpa merinci besaran biaya tersebut (Rom/001)

Baca Artikel Menarik Lainnya : Gubernur Sumbar: Sudah Masuk, Tidak Boleh Keluar