2021-11-26 06:43:08

Kariyasa: Cegah Lonjakan Jelang Nataru, Terapkan Prokes hingga Kebijakan PPKM Level 3

Kesehatan Oleh: Artaya

Denpasar (Atnews) - Anggota Komisi IX DPR RI dapil Bali Ketut Kariyasa Adnyana mengajak masyarakat tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan Covid-19.
Oleh karena pandemi Covid-19 belum berakhir dan program vaksinasi belum rampung.
"Upaya itu agar tidak kembali adanya lonjakan Covid-19 yang khawatirkan semakin sulit dikendalikan," kata Kariyasa di Denpasar, Kamis (25/11).
Mengingat beberapa negara bagian Eropa kembali ada lonjakan Covid-19, ditambah muncul varian baru. 
Menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ini merupakan minggu keenam berturut-turut penyebaran virus telah meningkat di Eropa dengan beberapa negara mengalami gelombang keempat atau kelima.
Untuk itu, dalam mencegah lonjakan terjadi di Indonesia dan Bali sebagai daerah pariwisata dunia.
Pemerintah lebih gencar dan didukung penuh masyarakat menyukseskan vaksinasi Covid-19 bersamaan dengan penguatan pemeriksaan (testing), pelacakan (tracing) dan perawatan (treatment) serta protokol kesehatan.
Bahkan pemerintah juga akan menerapkan PPKM Level 3 menjelang Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 dalam menekan mobilisasi masyarakat.
Ia mengakui kebijakan tersebut memang sulit bagi pengusaha industri patiwisata dari Bali khususnya.
Dikarenakan dua tahun pandemi, mereka nyaris pendapatnya anjlok dan beberapa usaha tutup total yang memang mengandalkan wisatawan mancanegara.
Dengan demikian, para pengusaha pariwisata bisa melakukan komunikasi dengan pemerintah dalam mengantisipasi industri sektor pariwisata jika pandemi berkepenjangan.
Apabila program subsidi bidang pariwisata dalam waktu yang cukup panjang juga sulit diterapkan. Namun pihaknya tetap mendorong agar event-event nasional tetap bisa diselenggarakan di Bali ke daerah-daerah secara merata dengan penerapan prokes ketat.
Selain itu, KTT G20 di Bali bisa jadi momentum pariwisata dan ekonomi Pulau Dewata bangkit kembali dengan catatan angka penularan Covid-19 terus menurun hingga mencapai zona hijau. (ART/001)


Baca Artikel Menarik Lainnya : Pemkab Buleleng Bentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19