UNBI Gelar Upacara HUT ke-77 RI, Prof Bakta: Budaya Tolerasi Indonesia Bhineka Tunggal Ika

Admin - atnews

2022-08-18
Bagikan :
Dokumentasi dari - UNBI Gelar Upacara HUT ke-77 RI, Prof Bakta: Budaya Tolerasi Indonesia Bhineka Tunggal Ika

Denpasar (Atnews) - Rektor Universitas Bali Internasional (UNBI) Prof.Dr.dr.I Made Bakta Sp.PD (KHOW) mengharapkan generasi muda memahami akar budaya bangsa Indonesia, Bhineka Tunggal Ika.

Hal itu yang menandakan bahwa bangsa Indonesia penuh kemajemukan dan keragaman yang patut terus dirawat dengan baik dalam memajukan bangsa Indonesia menuju generasi emas 2045.

Momemtum peringatan upacara  pengibaran bendera pusaka Merah Putih peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia bisa mengingatkan perjuangan jiwa raga para pahlawan bangsa kepada generasi muda.

"Setiap 17 Agustus, wajib merayakannya karena sebagai hari suci itu bagi bangsa Indonesia setelah berhasil menjadi bangsa yang merdeka dari para penjajah," kata Prof Bhakta di Denpasar, Sabtu (17/8).

Hal itu pula sebagai bentuk penghormatan kepada Bapak Pendiri Bangsa Sukarno yang juga Presiden RI Pertama. Atas perjuangan tersebut, Indonesia diakui dunia sebagai negara yang merdeka dan memiliki empat konsensus bangsa yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Bahkan kepemimpinan Sukarno yang diakui sebagai pemimpin dunia berhasil menggelar KTT Asia Afrika di Bandung. Sedangkan kini,  Bali sebagai tuan rumah KTT G20 yang mengusung tema "Recover Together Recover Stronger" diharapkan tercipta kondisi damai, aman dan tentram. 

Agenda besar merupakan kesempatan langka bagi tanah air, dimana Indonesia giliran memegang keketuaan atau Presidensi G20. 

Presiden Joko Widodo sekaligus sebagai Presidensi G20 yang saat ini dipegang Indonesia diharapkan dimanfaatkan untuk memperjuangkan kepentingan negara berkembang.

Ada tiga hal yang menjadi fokus Indonesia, yakni kesehatan, transformasi digital dan transisi energi. 

Untuk itu, bangsa Indonesia khususnya pemuda bisa tetap kompak dan bersatu dalam komitmen memajukan Indonesia.

"Pancasila sebagai modal dasar diakui dunia. Kita dengan segala kebhinekaan kita namun tetap bersatu," imbuhnya.

Meskipun generasi muda belum banyak mengenal sejarah perjuangan pendahulu, tetapi terus diingatkan agar tidak tercerabut dari akar budaya. Dimana akar budaya bangsa Bhineka Tunggal Ika.

Generasi muda memang kini perlu mengisi kemerdekaan secara praktis melalui pendidikan. Penguatan pendidikan generasi muda khususnya masuk perguruan tinggi agar bisa menghasilkan SDM yang siap bersaing secara nasional dan internasional.

Memang tantangan tidak mudah, namun salah satu kunci bangsa yang besar tentu penguatan pendidikan. Jika hal itu kuat maka terwujud masyarakat toleransi dan bersemangat memajukan negara.

"Toleransi itu penting karena Indonesia majemuk, mayoritas jangan menekan minoritas. Maka budaya toleransi dipupuk sejal dini," pungkasnya.

UNBI semakin optimis akan menjadki kampus swasta yang semakin dipercaya publik.

Setelah UNBI berhasil alih kelola STIA Denpasar dengan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nomor 455/E/O/2022 tentang Izin Penyatuan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Denpasar di Kota Denpasar.

Izin tersebut telah diberikan ke UNBI di Kota Denpasar yang diselenggarakan oleh Yayasan Anugerah Husada Bali Indonesia yang diserahkan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VIII Dr Ir I Gusti Lanang Bagus Eratodi ST MT IPU,  ASEAN. Eng di Denpasar, Selasa (5/7).

Selain Penyerahan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia tentang Penyatuan STIA Denpasar ke UNBI. Acara itu sekaligus Peluncuran dua Program Studi (Prodi) baru yakni Hukum dan Hubungan International (HI). 

Untuk itu, kini sudah memiliki 15 program studi (Prodi) dari 11 Prodi yang ada. Dimana dua Prodi dari STIA yakni Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis. (ART/IMB)


Baca Artikel Menarik Lainnya : Bumi Seni Gianyar Dikunjungi Dekranasda Kabupaten Kampar Riau

Terpopuler

Mahābhārata dan Ramayana sebagai Spiritualitas Pembebasan

Mahābhārata dan Ramayana sebagai Spiritualitas Pembebasan

Pardana Menteri Bharat Narendra Modi tiba di Indonesia

Pardana Menteri Bharat Narendra Modi tiba di Indonesia

ADVERTISING JAGIR
Official Youtube Channel

#Atnews #Jagir #SegerDumunTunas

ADVERTISING JAGIR Official Youtube Channel #Atnews #Jagir #SegerDumunTunas

Mendagri Tito Lantik Sang Made Mahendra Jaya sebagai Penjabat Gubernur Bali

Mendagri Tito Lantik Sang Made Mahendra Jaya sebagai Penjabat Gubernur Bali

Presiden Jokowi di Hadapan Warga Bali: Sambut Pesta Demokrasi dengan Cara Beradab

Presiden Jokowi di Hadapan Warga Bali: Sambut Pesta Demokrasi dengan Cara Beradab

Gubernur Ingatkan Generasi Milenial Untuk Berkendara dengan Aman

Gubernur Ingatkan Generasi Milenial Untuk Berkendara dengan Aman