DPN Suara Advokat Indonesia Kerjasama DPC PERADI SAI Denpasar Gelar Ujian Profesi Advokat

Admin - atnews

2023-11-18
Bagikan :
Dokumentasi dari - DPN Suara Advokat Indonesia Kerjasama DPC PERADI SAI Denpasar Gelar Ujian Profesi Advokat

Denpasar (Atnews) - DPC PERADI SAI Denpasar bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi pusat menyelenggarakan Ujian Profesi Advokat, sebagai bagian dari pelaksanaan Undang-Undang Advokat.

Ujian kali ini di ikuti oleh 38 orang peserta dimana Sebagian besar peserta ujian berasal dari mereka yang telah mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang telah di selenggarakan pada awal tahun 2023.

Dalam ujian hari ini, Sabtu, 18 Nopember 2023, Panitia Penyelenggara UPA DPC PERADI SAI Denpasar hanya menerima peserta yang telah mengikuti PKPA dari organisasi Advokat yang diakui oleh DPN PERADI SAI yaitu Organisasi Advokat Pendiri PERADI (seperti AAI, IKADIN dan IPHI) serta dari PERADI RBA dan SOHO. 

Sementara PKPA yang di selenggarakan oleh Organisasi Advokat di luar Organisasi Advokat tersebut diatas tidak dapat diterima sebagai peserta UPA tahun 2023.

Untuk menjaga kualitas lulusan, DPC PERADI SAI Denpasar tidak mengejar kuantitas, tetapi kualitas. Oleh karena itu baik PKPA, UPA maupun Pengangkatan dan Pengambilan Sumpah Advokat hanya dilakukan sekali dalam setahun dan untuk Pendidikan Khusus Profesi Advokat, DPC PERADI SAI Denpasar hanya bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Udayana yang terakreditasi “A”.

Sebagai bentuk tanggungjawab moral atas pelaksanaan UPA saat ini, Panitia Pelaksana UPA DPC PERADI SAI Denpasar sebelumnya telah membekali peserta UPA dengan program “Try Out” yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Nopember 2023 dengan materi dan pembahasan soal-soal Ujian baik itu Pilihan Ganda, maupun pembahasan soal Essay.

Ditemui pada saat pelaksanaan UPA, wakil dan sekaligus Pengawas UPA dari DPN PERADI SAI Jakarta, Danny Harumansyah Gunawan, SH., MH., CTL menyatakan apresiasi dan kegembiraannya atas terselenggaranya kegiatan UPA di lingkungan DPC PERADI SAI Denpasar. 

DPC Denpasar merupakan salah satu penyelenggara UPA yang paling konsisten di Indonesia dan karena disiapkan dengan baik serta dibekali dengan “Try Out” Danny berharap semoga semua peserta UPA tahun 2023 ini lulus dengan memuaskan. Pembuatan Soal dan Penilaian diserahkan kepada pihak konsultan untuk menjaga independensi dan kerahasiaan, cuman “passing grade” ditentukan oleh DPN PERADI SAI.

Ditemui ditempat terpisah seusai Penyelenggaraan UPA, Ketua DPC PERADI Denpasar, Wayan Purwita, ketika di wawancarai menyatakan kegembiraannya dan mengucapkan Selamat kepada peserta UPA tahun 2023. 

Untuk dapat diangkat dan diambil sumpah di Pengadilan Tinggi Denpasar semua peserta UPA yang lulus otomatis akan mendapat garansi ikut program penyumpahan Advokat tahun 2024, karena DPN PERADI SAI telah mengeluarkan Surat Edaran yang isinya tidak semua lulusan PKPA dan UPA yang di selenggarakan oleh Organisasi Advokat lain dapat diterima menjadi anggota keluarga besar PERADI Suara Advokat Indonesia. 

Sudah saatnya PERADI SAI yang secara nasional jumlah anggotanya hampir 20.000 Advokat  lebih memikirkan Kualitas daripada Kuantitas. Diakui atau tidak, keberadaan Organisasi Advokat yang seperti Jamur di musim hujan telah memunculkan persaingan tidak sehat dan mendegradasi kualitas Advokat. Itulah sebabnya DPC PERADI SAI Denpasar dalam setiap program yang dilakukannya selalu  mengusung tema: “ QUALITY IS OUR PRIME CONCERN”  tema ini semoga dapat mengantarkan setiap anggpta DPC PERADI SAI Denpasar menjadi Advokat yang “JAYA dan MULIA” tutup Wayan Purwita. (GAB/ART/001)

Baca Artikel Menarik Lainnya : Pasien Positif Bertambah 1 Menjadi 10 Orang

Terpopuler

Mahābhārata dan Ramayana sebagai Spiritualitas Pembebasan

Mahābhārata dan Ramayana sebagai Spiritualitas Pembebasan

Padmasana di Rishikesh, Simbul Hubungan Bali - India 

Padmasana di Rishikesh, Simbul Hubungan Bali - India 

POM MIGO KAORI

POM MIGO KAORI

Mendagri Tito Lantik Sang Made Mahendra Jaya sebagai Penjabat Gubernur Bali

Mendagri Tito Lantik Sang Made Mahendra Jaya sebagai Penjabat Gubernur Bali

Presiden Jokowi di Hadapan Warga Bali: Sambut Pesta Demokrasi dengan Cara Beradab

Presiden Jokowi di Hadapan Warga Bali: Sambut Pesta Demokrasi dengan Cara Beradab

Gubernur Ingatkan Generasi Milenial Untuk Berkendara dengan Aman

Gubernur Ingatkan Generasi Milenial Untuk Berkendara dengan Aman