Banner Bawah

Kemenpar Genjot Promosi 3B ke Empat Benua Lewat Famtrip Quality Tourism

Admin 2 - atnews

2025-12-01
Bagikan :
Dokumentasi dari - Kemenpar Genjot Promosi 3B ke Empat Benua Lewat Famtrip Quality Tourism
Ni Made Ayu Marthini (its/Atnews)

Jakarta (Atnews) - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memperkenalkan potensi wisata kawasan 3B (Banyuwangi, Bali Barat, dan Bali Utara) kepada pasar Afrika, Amerika, Eropa, dan Timur Tengah melalui kegiatan Familiarization Trip (Famtrip) Quality Tourism. 

Deputi Bidang Pemasaran Kemenpar, Ni Made Ayu Marthini, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (28/11/2025), menjelaskan famtrip yang dilaksanakan pada 15–23 November ini diikuti para tour operator terkemuka dari Argentina, Meksiko, Amerika Serikat, Mesir, Polandia, dan Rumania. Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan dan mempromosikan destinasi unggulan serta produk pariwisata Indonesia berlayanan premium kepada pasar quality-adventurous tourism di Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Afrika.

“Pasar.quality tourism dengan daya beli tinggi merupakan target yang sangat potensial untuk digarap, karena mampu mendorong peningkatan kualitas pariwisata Indonesia,” ujar Made.

Made menambahkan bahwa famtrip ini menjadi salah satu strategi promosi agar Indonesia mampu bersanding dan bersaing sebagai top of mind destination di kawasan Eropa, Timur Tengah, dan Amerika. Melalui pengalaman experiential tourism, wisatawan dinilai akan mendapatkan pengalaman autentik yang berkesan sekaligus mendorong tersusunnya paket wisata Indonesia yang sesuai dengan segmentasi pasar quality tourism global.

Asisten Deputi Pemasaran Pariwisata Mancanegara III Kemenpar, Wisnu Sindhutrisno, menegaskan bahwa Famtrip ini mengusung kampanye #GoBeyondOrdinary dengan menonjolkan pengalaman wisata Indonesia melalui berbagai produk unggulan. Bukan hanya menampilkan keunikan budaya dan keindahan alam, tetapi juga menghadirkan fasilitas premium yang menunjukkan kesiapan Indonesia menyambut pasar global.

“Banyuwangi, Bali Barat, dan Bali Utara memiliki keunikan yang sangat kompetitif di pasar internasional,” kata Wisnu.

Famtrip ini dilaksanakan melalui kolaborasi dengan Diskovera sebagai Destination Management Company sekaligus mitra co-branding Wonderful Indonesia. Kegiatan ini juga didukung oleh berbagai stakeholders seperti Turkish Airlines, BookCabin, Sheraton Jakarta Soekarno-Hatta Airport, Dialoog Banyuwangi, Plataran Menjangan Resort & Spa, Bali Beach Hotel, The Meru, Kappa Senses, Munduk Tentrem, Elevate Munduk Bali, The View Munduk Restaurant, Samsara Living Museum, The Garcia Ubud, Ismaya, The Cafe Lotus, Banyuwangi Airport, dan PT IAS Hospitality.

Setibanya di Jakarta pada Sabtu (15/11/2025), peserta disambut dengan layanan Saphire Plaza Premium Lounge oleh PT IAS Hospitality yang menampilkan fasilitas unggulan Bandara Soekarno-Hatta. Pada Minggu (16/11/2025), peserta melanjutkan penerbangan menuju Banyuwangi, destinasi yang menawarkan pengalaman petualangan seperti trekking Kawah Ijen, eksplorasi De Djawatan Forest dengan mystical ambiance, hingga menikmati pesona Pantai Boom.

Selama di Banyuwangi, peserta juga mengunjungi Desa Wisata Osing Kemiren yang terpilih sebagai The Best Tourism Village by UN Tourism 2025 . Mereka diperkenalkan pada gastronomi Indonesia melalui makanan tradisional serta kopi premium khas Banyuwangi yang dikenal memiliki karakter rasa kuat.

Peserta kemudian melanjutkan perjalanan ke Bali Barat menggunakan private yacht melalui Banyuwangi International Yacht Club untuk memberikan pengalaman minat khusus bagi segmen pasar premium. Di Bali Barat dan Bali Utara, peserta menikmati berbagai fasilitas akomodasi, mengeksplorasi budaya dan tradisi desa wisata, serta mendalami gastronomi unggulan Indonesia.

Mereka juga berkesempatan belajar membuat minuman dan jajanan tradisional, hingga membuat sesajen. Selain itu, dilakukan site inspection ke berbagai akomodasi premium untuk memperkaya referensi penyusunan paket quality tourism Indonesia ke depan.

Keseluruhan perjalanan ditutup dengan Farewell Dinner yang menghadirkan mitra pemerintah daerah, asosiasi, dan para kolaborator. Wisnu menyampaikan bahwa peserta merasakan langsung petualangan yang unik, keragaman budaya, keramahan masyarakat, gastronomi autentik, serta layanan premium yang diberikan sepanjang perjalanan.

Para peserta berharap setelah famtrip ini mereka dapat menyusun paket wisata Indonesia untuk dipromosikan dan dijual langsung kepada wisatawan di negara masing-masing.

“Melalui respons positif peserta, kami optimistis Indonesia memiliki potensi besar untuk meraih segmen pasar quality tourism. Famtrip ini menjadi langkah nyata dalam mempromosikan destinasi 3B ke pasar internasional dan menarik lebih banyak wisatawan dari seluruh dunia,” ujar Wisnu.

Ia berharap hasil famtrip ini berkontribusi pada meningkatnya minat dan penawaran paket wisata premium Indonesia di berbagai pasar internasional, sekaligus memperkuat citra Indonesia sebagai destinasi kelas dunia. (Z/002)
Banner Bawah

Baca Artikel Menarik Lainnya : Gubernur Koster Sebut Akulturasi Budaya Bali dan Tiongkok Sudah Turun Temurun

Terpopuler

Perbaikan Akses Jalan Percepat Distribusi Bantuan bagi Warga Terdampak di Sumbar

Perbaikan Akses Jalan Percepat Distribusi Bantuan bagi Warga Terdampak di Sumbar

Kemenpar Genjot Promosi 3B ke Empat Benua Lewat Famtrip Quality Tourism

Kemenpar Genjot Promosi 3B ke Empat Benua Lewat Famtrip Quality Tourism

Pimpinan DPRD Bali; Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan

Pimpinan DPRD Bali; Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan

Kontributor SP2KP Disperindag Kota Denpasar Raih Prestasi

Kontributor SP2KP Disperindag Kota Denpasar Raih Prestasi "Kontributor Terbaik" Tingkat Nasional

“Wonderful Indonesia Wellness 2025” Dongkrak Ekonomi Masyarakat Lewat Wisata Kebugaran

“Wonderful Indonesia Wellness 2025” Dongkrak Ekonomi Masyarakat Lewat Wisata Kebugaran

Pemkab Buleleng Peringati HUT Korpri ke-54: ASN Siap Perkuat Layanan Publik dan Reformasi Birokrasi

Pemkab Buleleng Peringati HUT Korpri ke-54: ASN Siap Perkuat Layanan Publik dan Reformasi Birokrasi