Denpasar, 24/6 (Atnews) - Adi Baskara Hospitality School (ABHS) menggelar kursus pendek “Leadtalk” untuk para profesional dan karyawan hotel, restoran,, tour and travel dan spa.
Dengan memberikan materi “Advance Hospitality Class” dan “Leadership Class”.
“Upaya itu dalam menjaga kualitas produk dan pelayanan dalam mempertahankan harga jual lebih mahal,” kata Hospitality Practioner and Trainer Dede Ari Gunawan di Denpasar, Senin (24/6).
Namun disadari, dalam menjaga konsistensinya kualitas itu memang sebuah tantangan yang patut tertangani.
Hal itu sebuah keharusan dalam memenangkan persaingan Era Industry 4.0.
Era tersebut memiliki tantangan yang cukup beragam dan komplek serta ditambah disrupted era, yang mana menuntut determinasi dan kreatifitas.
“Harus siap menghadapinya oleh semua pelaku usaha jasa pariwisata terutama hotel , restoran, Spa dan travel,” ungkapnya.
Tantangan itu menuntut industri pariwisata untuk siap menghadapi perubahan “trends, need, wants dan expectation”.
Kuncinya pada peningkatkan kualitas dan kemampuan sumber daya manusia (SDM) menjadi pribadi yang memahami “custommer care, service excellence, leadership dan innovation” yang adaptif.
Untuk itu, mampu menjadi insan pariwisata yang berdedikasi tinggi dalam memberikan pelayanan berbasis etos kerja (work ethic) yang mumpuni.
Pemahaman dan pendidikan leadership harus terus diasah dan dilatih mengingat perkembangan technology dan era disrusption mempengaruhi prilaku manusia sebagai SDM hingga ketempat kerja.
Membangun dan menjaga work ethic sangat penting dilakukan untuk tetap bisa bersaing secara positif dan berkualitas, “play quality rather than quantity”. (ART/02)