Ny. Putri Suastini Koster Inginkan TP PKK Mampu Gerakan Perekonomian Keluarga Melalui Prinsip Trilogi Pembangunan

Artaya - atnews

2019-05-04
Bagikan :
Dokumentasi dari - Ny. Putri Suastini Koster Inginkan TP PKK Mampu Gerakan Perekonomian Keluarga Melalui Prinsip Trilogi Pembangunan

Buleleng, 3/5 (Atnews) - Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster meminta setiap warga turut serta menjaga kesucian Bali dengan menjaga kelestarian lingkungan, mulai dari lingkungan rumah tangga, lingkungan pedesaan dan seterusnya. Karena fungsi dari TP PKK bukan hanya sekedar wara wiri, namun membangun ide kreatif dalam meningkatkan perekonomian di keluarganya, salah satunya dengan cara menjalankan prinsip trilogi pembangunan, yakni berdaulat dibidang politik, mandiri dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam bidang kebudayaan. 
Hal ini disampaikannya saat menghadiri kegiatan harmonisasi dan sinkronisasi gerakan TP PKK dan kunjungan ke rumah contoh HATINYA PKK di Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula, Buleleng, Jumat (3/5).
Selama ini TP PKK melakukan kegiatan yang menjadi wakil provinsi Bali di tingkat nasional, sehingga perlombaan tingkat provinsi layaknya digunakan sebagai pembinaan untuk mematangkan 10 program PKK. 
HATINYA PKK merupakan program ke depan yang secara simultan harus dilakukan, dengan sasaran setiap halaman penduduk di Bali harus memiliki HATINYA PKK, sehingga dapat mengaplikasikan dukungan program pemerintah ditengah masyarakat luas, sehingga mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam menata halaman (natah) rumah warga dapat dimanfaatkan sekaligus dapat mendukung visi misi "Nangun Sat Kerthi Loka Bali". 
Dengan begitu menata halaman yang asri teratur indah dan nyaman sekaligus bermanfaat, adalah kewajiban rumah contoh HATINYA PKK untuk dapat menularkan sisi positif program ini kepada lingkungannya, terutama tetangga. 
Kegiatan harmonisasi dan sinkronisasi kali ini juga diisi dengan kunjungan ke rumah contoh milik Gede Arca dan Luh Muliani, rombongan TP PKK Provinsi Bali yang didampingi TP PKK Kecamatan Tejakula memberikan pembinaan agar setiap rumah mulai menata tanaman HATINYA PKK yang disesuaikan berdasarkan jenisnya, sehingga bukan hanya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari rumah tangga, namun juga berfungsi sebagai halaman rumah/taman yang indah untuk dilihat mata. 
Di rumah contoh milik Gede Arca dan Luh Muliani terdapat berbagai tanaman, diantaranya tanaman penyedap rasa alami seperti seledri, daun kemangi, serai, kunyit, daun salam, pandan Arum, cabai, dan sejenis buah-buahan seperti mangga, srikaya, delima, jambu biji, pepaya Jepang, strawbery dan lainnya. 
Selain kunjungan ke rumah contoh HATINYA PKK, Ny. Putri Suastini Koster dan rombongan juga mengunjungi kegiatan posyandu serta menyerahkan bibit tanaman kepada warga setempat. (A*/ika)

Baca Artikel Menarik Lainnya : Uniknya Baby Face Gurky Mahasiswa Bidikmisi ISI Denpasar

Terpopuler

Mahābhārata dan Ramayana sebagai Spiritualitas Pembebasan

Mahābhārata dan Ramayana sebagai Spiritualitas Pembebasan

Pardana Menteri Bharat Narendra Modi tiba di Indonesia

Pardana Menteri Bharat Narendra Modi tiba di Indonesia

POM MIGO KAORI

POM MIGO KAORI

Mendagri Tito Lantik Sang Made Mahendra Jaya sebagai Penjabat Gubernur Bali

Mendagri Tito Lantik Sang Made Mahendra Jaya sebagai Penjabat Gubernur Bali

Presiden Jokowi di Hadapan Warga Bali: Sambut Pesta Demokrasi dengan Cara Beradab

Presiden Jokowi di Hadapan Warga Bali: Sambut Pesta Demokrasi dengan Cara Beradab

Gubernur Ingatkan Generasi Milenial Untuk Berkendara dengan Aman

Gubernur Ingatkan Generasi Milenial Untuk Berkendara dengan Aman